Sunday, March 18, 2018

Penyebab Payu Dara Kendur

Payudara merupakan salah satu aset kecantikan seorang wanita. Payudara yang kencang adalah impian semua wanita, sehingga ketika payudara terasa kendur, wanita menganggapnya sebagai mimpi buruk. Kondisi payudara kendur bahkan dapat memengaruhi kepercayaan diri seseorang.
Beberapa info yang beredar menyebutkan bahwa penyebab payudara kendur di antaranya adalah penuaan, tidak menggunakan bra, menyusui, dan lain sebagainya. Sayangnya, hal ini membuat beberapa ibu menolak untuk menyusui bayinya karena takut payudara kendur. Padahal, ASI (Air Susu Ibu) adalah asupan terbaik untuk sang bayi, lho.
Payudara kendur dapat terjadi pada setiap wanita dari berbagai usia, dari remaja hingga lansia. Memang payudara kendur paling sering terjadi pada wanita yang mengalami menopause.
Berikut ini adalah beberapa penyebab dari payudara kendur:
a. Penuaan
Setiap organ dan bagian tubuh Anda akan mengalami penurunan fungsi akibat penuaan, termasuk payudara. Organ payudara Anda terdiri dari jaringan ikat atau penghubung, yaitu ligamen Cooper’s. Ligamen tersebut berfungsi untuk menyokong payudara Anda agar tetap kencang dan pada posisinya.
Penuaan menyebabkan ligamen tersebut mengendur atau meregang, sehingga payudara Anda juga akan kendur. Terlebih lagi pada masa menopause, jaringan kelenjar pada payudara akan digantikan oleh lemak.
b. Hamil
Menyusui tidak membuat payu dara kendur. lho. Jadi, Anda para ibu tak perlu khawatir. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Aesthetic Surgery Journal ditemukan bahwa hamil yang membuat payudara kendur. Pada saat hamil, kenaikan berat badan menyebabkan ligamen meregang. Hal ini sulit untuk dihindari dan dicegah. Namun, Anda dapat mengurangi kemungkinan payudara kendur dengan menjaga kenaikan berat badan lewat asupan makanan yang sehat ketika hamil.

c. Merokok
Rokok merupakan faktor penyebab payudara kendur yang paling signifikan. Merokok adalah salah satu gaya hidup yang tidak sehat karena dapat memecah jaringan ikat kolagen kulit. Akibatnya, kulit akan kehilangan elastisitasnya. Selain itu, gaya hidup lainnya seperti mengkonsumsi makanan yang rendah nutrisi, tinggi lemak dan berjemur sinar matahari atau sinar UV juga turut berkontribusi membuat payudara kendur.

d. Ukuran payudara besar
Ukuran payudara yang besar memang lebih mudah kendur. Hal ini juga berhubungan dengan gaya gravitasi yang selalu menyebabkan benda untuk jatuh ke bawah. Sehingga, payudara yang besar tentunya lebih dipengaruhi oleh gaya gravitasi dibandingkan payudara yang kecil. Menggunakan bra yang cukup baik untuk menopang payudara dapat melawan gaya gravitasi tersebut.

f. Penurunan berat badan
Penurunan berat badan yang ekstrem dan sangat cepat juga menyebabkan payudara kendur. Diet yo-yo atau diet yang naik-turun juga dapat menyebabkan payudara kendur. Penurunan berat badan menyebabkan payudara kehilangan jaringan lemak, sehingga payudara berkurang kekencangannya. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengonsumsi makanan sehat dan bergizi agar dapat terhindar dari payudara kendur.
Mencegah terjadinya payudara kendur sebenarnya lebih mudah dilakukan daripada memperbaikinya. Jadi, hindarilah hal-hal di atas agar payudara Anda tetap kencang. Jagalah kesehatan payudara yang sudah Anda miliki, sehingga Anda terhindar dari payudara kendur.

No comments:

Post a Comment